Kamis, 07 Maret 2013

SITUS WEB


DEFINISI WEB
Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

SEJARAH WEB
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik. ia berhasil membuat tools untuk menjalankn web seperti HTTP, HTML, Web browser, Web server. Sejarah terciptanya web tak lepas dari sejarah internet dan tahap perkembangannya seperti terdapat DARPA,IP\TCP,FTP,WAIS dan Ghopher.
1.DARPA : Merupakan pengembangan awal jaringan paket switch dini yang biasa disebut dengan ARPANET yang kemudian diubah namanya menjadi DARPA(Defence Advanced Research Project agency)
2. IP/TCP : TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) keduanya  merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
3. WAIS (Wide Area Information Service) : WAIS merupakan Internet sistem yang berspesialisasi subjek database yang dibuat di multiple server location.
4. GOPHER : Protokol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks. Menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu.

MACAM – MACAM WEBSITE
Secara umum website terdiri dari 2 macam, yaitu website yang bersifat statis dan website yang bersifat dinasmis.
Website Statis merupakan salah satu web yang tidak perlu mengupdate mengenal isi yang terdapat di dalamnya. Website ini biasanya di maintain oleh beberapa orang yang menggunakan dengan beberapa software. Website ini biasanya digunakan untuk profil sebuah perusahaan yang di sebut dengan website company profile.
Website Dinamis merupakan situs yang isinya terus di update secara berkala. Situs ini selalu mengupadate informasi dan kontennya secara berkala sehingga informasi tersebut dapat di pastikan selalu baru.

PEMANFAATAN WEBSITE
 Berikut adalah 10 keuntungan mempunyai website :
1.Publikasi bisnis, jasa dan produk ke jutaan (bahkan miliaran) calon konsumen. Menaikkan penjualan.
2.Update informasi dengan cepat dan mudah.
3.Menghemat biaya komunikasi dan administrasi.
4.Beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam sehari. Edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang anda berikan.
5.Outlet Perusahaan tambahan di dunia maya. Terima order kapanpun.
6.Brand Awarness dengan cara iklan di website terkemuka atau dengan tukar link.
7.Mempermudah klien dalam melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang anda berikan. Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda.
8.Bonafiditas naik. Kartu nama tidak lagi hanya berisi kontak alamat, telepon dan email tapi ditambah dengan alamat website anda.
9.Resiko kehilangan calon klien atau resiko klien kehilangan informasi dapat lebih ditekan seminim mungkin
10.Menjalin bisnis dengan partner dari luar negeri.

Sumber referensi :
http://www.corainteraktive.com/component/content/article/29-the-products/54-10-keuntungan-punya-website
http://www.anneahira.com/macam-macam-website.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web


0 komentar:

Posting Komentar