Jumat, 07 Oktober 2011

[Tugas ISD] Tanggapan Terjadi Banjir

BANJIR siapapun pasti tidak ada yang suka dengan banjir karena sama sekali tidak mengguntungkan.
Kenapa banjir sering terjadi di Indonesia? pertanyaan paling mudah untuk di jawab, silahkan anda lihat sendiri selokan dekat rumah anda bagaimana air hitam itu menggalir dengan sesak dan ada juga yang tidak menggalir sama sekali (seperti di dekat rumah saya).
Di bawah ini adalah penyebab utama terjadi banjir yang saya ambil dari wikipedia:

Sungai
* Lama: Endapan dari hujan atau pencairan salju cepat melebihi kapasitas saluran sungai. Diakibatkan hujan deras monsun, hurikan dan depresi tropis, angin luar dan hujan panas yang mempengaruhi salju. Rintangan drainase tidak terduga seperti tanah longsor, es, atau puing-puing dapat mengakibatkan banjir perlahan di sebelah hulu rintangan.
* Cepat: Termasuk banjir bandang akibat curah hujan konvektif (badai petir besar) atau pelepasan mendadak endapan hulu yang terbentuk di belakang bendungan, tanah longsor, atau gletser.

Muara
* Biasanya diakibatkan oleh penggabungan pasang laut yang diakibatkan angin badai. Banjir badai akibat siklon tropis atau siklon ekstratropis masuk dalam kategori ini.

Pantai
* Diakibatkan badai laut besar atau bencana lain seperti tsunami atau hurikan). Banjir badai akibat siklon tropis atau siklon ekstratropis masuk dalam kategori ini.

Malapetaka
* Diakibatkan oleh peristiwa mendadak seperti jebolnya bendungan atau bencana lain seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi).

Manusia

* Kerusakan tak disengaja oleh pekerja terowongan atau pipa.

Lumpur
* Banjir lumpur terjadi melalui penumpukan endapan di tanah pertanian. Sedimen kemudian terpisah dari endapan dan terangkut sebagai materi tetap atau penumpukan dasar sungai. Endapan lumpur mudah diketahui ketika mulai mencapai daerah berpenghuni. Banjir lumpur adalah proses lembah bukit, dan tidak sama dengan aliran lumpur yang diakibatkan pergerakan massal.

Lainnya
* Banjir dapat terjadi ketika air meluap di permukaan kedap air (misalnya akibat hujan) dan tidak dapat terserap dengan cepat (orientasi lemah atau penguapan rendah).
* Rangkaian badai yang bergerak ke daerah yang sama.
* Berang-berang pembangun bendungan dapat membanjiri wilayah perkotaan dan pedesaan rendah, umumnya mengakibatkan kerusakan besar.

Ironisnya sangat sedikit orang yang peduli dengan masalah ini ketika banjir datang semua mengeluh karenanya tetapi ketika banjir belum datang apa yang kalian lakukan?
saya tidak bisa menyalahkan orang lain karena saya pun bukan manusia sempurna yang tidak mempunyai salah. Minimal jangan membuang sampah sembarangan alhamdullilah bisa lebih.
inilah sedikit akibat dari banjir:






















pedagang jadi sulit mencari nafkah























kendaraan pun jadi sulit untuk berjalan
























generasi muda pun tidak bisa menuntut ilmu


dan masih banyak lagi akibat dari banjir ini kalian pun pasti tahu, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar