Minggu, 01 Juli 2012

Tugas IBD 10 : Manusia dan Kegelisahan



Perasaan khawatir atau gelisah adalah biasa dan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Khawatir, gelisah yang ringan hingga sedang dapat membantu Anda memfokuskan perhatian, energi, dan motivasi. Tetapi kegelisahan yang berat/parah, Anda mungkin memiliki perasaan kurang percaya diri, kebingungan, dan khawatir yang sangat ekstrim yang tidak sesuai dengan proporsi yang sebenarnya. Kegelisahan yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari adalah tidak normal.
Kegelisahan dapat menyebabkan gejala fisik dan emosional. Suatu kondisi yang spesifik dapat mengakibatkan beberapa atau semua gejala timbul dalam jangka waktu singkat. Namun ketika melewati situasinya , gejalanya juga biasanya hilang.

Tips agar tidak gelisah

1. Usahakan agar pikiran kita tetap tenang, jangan terlalu berfikiran buruk akan apa yang akan terjadi, fokuslah dengan apa yang sedang dilakukan.

2. Jika tipe anda sebagai yang suka memyendiri ada baiknya jika anda beristirahat atau mencari tempat yang bisa membuat anda kembali baik lagi. jika tipe anda yang lebih suka keramaian dan tempat yang menyenangkan ada baiknya anda pergi ketempat itu ya seperti, main bowling, billiard dan lain sebaigainya.

3. Janganlah langsung berbuat yang tidak semestinya seperti menyalahkan yang tidak seharusnya disalahkan dan membuat keputusan yang merugikan baik untuk pribadi maupun diri sendiri.

4. Bersikaplah lebiih dewasa dengan memiklirkannya lebih masak dan benar tentang apa yang akan dilakukan

5. Jangan terpengaruh dengan situasi yang memanas dan membuat anda selalu terpikirkan tentang rasa gelisah tersebut.

6. Prioritaskan yang harus diprioritaskan juga, memang rasa gelisah uitu datangnya secara tiba-tiba dan tidak tahu kenapa yang jelas sedikit kesalahan yang fatal akan merugikan yang terbesar.

7. Ber Curhatlah kepada teman yang menurut anda bisa membiuat anda tenang seperti pasangan anda atau teman baik anda, dan mintalah saran yang baik darinya.

8. Segeralah bangkit memlalui kejernihan dan kepekaan dalam menanalisis segala yang terjadi baik yang akan terjadi maupun yang sudah terjadi.

9. Kematangan pemikiran dan persaan yang tenang akan membawa kita selalu bisa berada di alam terbaiknya.

10. Luangkan sejenak waktu anda untuk mengisai hal yang positif dan menenangkan segala sesuatunya.

11. Berdoalah dan mintalah petunjuk kepada Tuhan kita karena segala sesuatu itu berdasarkan atas kehendakNya.

12. Janganlah berburuk sangka akan tetapi positif thinking itu lebih baik.

sumber : google

0 komentar:

Posting Komentar