Minggu, 01 Juli 2012

Tugas IBD 9 : Manusia dan Tanggung Jawab



Tanggung Jawab menurut saya adalah suatu sifat dimana seorang manusia memiliki kewajiban untuk melakukan sesuatu.
Macam-macam tanggung jawab
1. Tanggung Jawab terhadap diri sendiri
contoh : Manusia mencari makan, tidak lain adalah karena adanya tanggung jawabterhadap dirinya sendiri agar dapat melangsungkan hidupnya.

2. Tanggung Jawab terhadap keluarga
contoh : Seorang ayah rela bekerja membanting tulang demi memenuhi tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

3. Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
contoh : Seseorang yang menyediakan rumahnya sebagai tempat pelacuran padalingkungan masyarakat yang baik-baik, apapun alasannya tindakan ini termasuk tidak bertanggung jawab terhadap masyarakat, karena secara moral psikologisakan merusak masa depan generasi penerusnya di lingkungan masyarakat tersebut.

4. Tanggung Jawab terhadap Negara
contoh : Dalam novel jalan tak ada ujung karya Muchtar Lubis, guru Isa yang terkenalguru yang baik, terpaksa mencuri barang-barang milik sekolah demi rumahtangganya. Perbuatan guru Isa ini harus pula dipertanggung jawabkan kepada pemerintah. Kalau perbuatan itu di ketahui ia harus berurusan dengan pihak kepolisian dan pengadilan.

5. Tanggung Jawab terhadap Tuhan
contoh : Seorang biarawati dengan ikhlas tidak menikah selama hidupnya karena dituntuttanggung jawabnya terhadap Tuhan sesuai dengan hukum-hukum yang ada padaagamanya, hal ini dilakukan agar ia dapat sepenuhnya mengabdikan diri kepadaTuhan demi rasa tanggung jawabnya. Dalam rangka memenuhi tanggung jawabnya ini ia berkorban tidak memenuhi kodrat manusia pada umumya yangseharusnya meneruskan keturunannya, yang sebetulnya juga merupakan sebagiantanggung jawabnya sebagai makhluk Tuhan.

-Pengabdian dan Pengorbanan-
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan dari kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pengabdian berarti hal mengabdi atau mengabdikan. Pada hakekatnya pengabdian itu adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan, hal itu berarti mengabdi kepada keluarga. Lain halnya jika kita membantu teman dalam kesulitan, mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya bantuan saja.

Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih (berdasarkan atas kesadaran moral yang tulus-ikhlas )
Pengorbanan bukan hanya berkorban untuk suatu masalah yang besar, tapi tanpa kita sadari kita sering melakukan pengorbanan. Contoh hal kecilnya saat kita memberikan kue kepada adik kita, padahal kita sendiri ingin memakan kuenya. Hal tersebut merupakan bentuk pengorbanan kecil yang biasa kita lakukan dilingkungan keluarga. Pengabdian diberikan tanpa mengharapkan balas jasa. Pengabdian bukan merupakan sebuah paksaan atau keharusan (perintah), tetapi pengabdian itu sendiri berdasarkan secara sukarela tergantung dari dirinya masing-masing orang tersebut.
Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian pasti ada pengorbanan. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengabdian lebih banyak menunjuk kepada perbuatan, sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada pemberian sesuatu.

sumber : google

0 komentar:

Posting Komentar